Logo KPPOD

Pejabat yang Punya Harta Tak Masuk Akal dan Pamer Kini Hidupnya Tidak Tenang

okezone.com - 25 Mei 2023

Pejabat yang Punya Harta Tak Masuk Akal dan Pamer Kini Hidupnya Tidak Tenang

Masyarakat kini menyoroti harta pejabat yang tidak masuk akal. Mulai dari Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Lampung, Reihana Wijayanto yang sempat viral hingga Kadinkes Banten Ati Pramudji Hastuti yang ternyata memiliki harta hingga Rp24,5 miliar

Menurut Direktur Eksekutif Komite Pemantuaan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) Armand Suparman, sorotan warganet di media sosial dalam mengawasi pejabat publik lewat media sosial seperti ini perlu didorong.

“Kasus Lampung kemarin, itu juga memberi cerita baik, bahwa dengan kita mem-viralkan kinerja yang kurang maksimal dari pemerintah, itu bisa efektif dengan mem-viralkan seperti ini," katanya, dikutip dari BBC Indonesia, Selasa (23/5/2023).

"Tetapi pemerintah itu jangan membiarkan terjadi seperti ini, tunggu viral dan segala macam,” kata Armand.

Oleh karena itu, pemerintah perlu merespon laporan masyarakat tersebut dengan memperbaiki sistem pengawasan internal.

Tujuannya, agar kasus-kasus harta fantastis dapat dengan cepat ditangani, tanpa harus menunggu viral.

Dia menambahkan, pengawasan dari warganet terhadap pejabat negara yang memiliki harta tidak sesuai profil, menandakan lemahnya pengawasan internal.

“Ketika fungsi itu tidak berjalan optimal, kita sebetulnya mengharapkan pada suatu sistem di mana publik itu bisa memantau, bisa melaporkan, bisa mengawasi terkait dengan seluruh tata kelola,” jelasnya.

Selain itu, pelaporan harta kekayaan pejabat daerah tidak diiringi dengan pemeriksaan yang ketat, yang kemungkinan tidak divalidasi di lapangan.

Pengawasan warganet justru lebih efektif, tambah Armand.

Bagaimana pun, hal ini sebenarnya menunjukkan sistem pengawasan internal belum berjalan secara optimal. Musababnya, pihak terkait baru merespon kasus ketika sudah viral di media sosial.

“Bagaimana sistem pelaporan ini bisa dibenahi agar ketika publik memberikan pengawasan, termasuk terkait dengan LHKPN itu bisa direspon dengan baik dengan sistem birokrasi yang baik dari dalam,” ujar Armand.

Sumber: https://economy.okezone.com/read/2023/05/23/320/2818309/pejabat-yang-punya-harta-tak-masuk-akal-dan-pamer-kini-hidupnya-tidak-tenang?page=2


Dibaca 136 kali