Logo KPPOD

KPPOD Minta Kepala Daerah Tidak Hanya Fokus ke Politik pada 2023

kompas.com - 24 Desember 2022

KPPOD Minta Kepala Daerah Tidak Hanya Fokus ke Politik pada 2023

Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) memprediksi fokus kepala daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) akan terbagi pada 2023 karena sudah masuk tahun politik. 

Oleh karena itu, Direktur Eksekutif Armand Suparman meminta agar kepala daerah tetap fokus pada visi dan misinya tahun depan. "Tidak hanya terbagi fokusnya kepada pesta politik yang akan terjadi tahun 2024," ujar dia dalam konferensi pers secara daring, Jumat (23/12/2022).

Ia menjelaskan, pihaknya menyoroti beberapa hal sepanjang tahun ini. Misalnya di awal tahun, pemerintah mengeluarkan Undang-undang Hubungan Pusat dan Daerah. 

Menurut dia, undang-undang ini sedikit memberikan harapan terutama dalam hubungan pusat dan daerah. Namun begitu, sejumlah pengaturan baru terkait pajak dan restribusi daerah, tidak mengalamai perbaikan fundamental yang signifikan. 

Dengan begitu, pihaknya berharap perbaikan kapasistas fiskal dapat diperbaiki oleh pemerintah daerah.

Lainnya, ia mengungkapkan, peristiwa yang perlu diamati tahun ini adalah penetapan dan pengangkatan pejabat daerah. "Bagi kami dari sisi prosedur itu tidak akuntabel karena tidak memiliki konteks hukum terutama untuk dua tahun ini," imbuh dia. 

Ia juga menyebut pentingnya menjaga kapasitas dan kredibilitas kepala daerah selama dua tahun ini. Selain itu, proses pemekaran Papua dan Papua Barat juga turut disoroti. Kebijakan pemekaran ini justru dianggap sebagai inkonsistensi pemerintah pusat terhadap kebijakan pemekaran.

"Karena kami tahu sejak 2014 ada moratorium, tetapi karena ada revisi undang-undang otsus jadi ada ruang bagi daerah khususnya di Papua untuk membentuk daerah otonomi baru," urai dia. 

Selain itu, Armand bilang, ada pula isu klasik yang selalu berulang, misalnya terkait penyerapan anggaran daerah yang rendah dan dana jumbo yang mengendap di perbankan "Menurut kami, ini masalah yang terjadi setahun ini, penting dipikirkan di level kebijakan, agar kita tidak menghadapi masalah serupa setahun ke depan," tandas dia.

Sumber: https://money.kompas.com/read/2022/12/23/181814026/kppod-minta-kepala-daerah-tidak-hanya-fokus-ke-politik-pada-2023?page=al


Dibaca 47 kali