Prinsip Kewenangan Kepala Daerah Harus Diperbaiki

beritasatu.com

Prinsip Kewenangan Kepala Daerah Harus Diperbaiki

Pakar otonomi daerah (Otda), Djohermansyah Djohan berharap ada perbaikan atau evaluasi dalam penerapan otonomi daerah di Indonesia. Perbaikan itu termasuk dalam masalah prinsip pengelolaan wewenang kepala daerah.

"Saran saya untuk perbaikan ke depan itu transfer kewenangan itu kita betulin. Harus ada variasi baru yang namanya transfer kewenangan asimetris," kata Djohermansyah Djohan, dalam diskusi pakar II: Desentralisasi Administratif
"Reformulasi Dekonsentrasi-Devolusi-Delegasi & Tujuan Ultimate Goal Otonomi Daerah", di Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Menurutnya, tiap daerah tidak sama kemampuannya dalam menerima transfer kewenangan. Karena itu, maka harus dapat disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan daerah otonom.

Selain itu dalam prinsip pengelolaan kewenangan juga harus nyata dan bertanggung jawab. Jangan konsep seluas-luasnya. Kemudian asas desentralisasi dan dekonsentrasi dibuat secara berkesimbangan secara objektif dan jujur.

"Saran saya yang lain, gubernur tidak merangkap wakil pemerintah pusat lagi. Jadi dia cukup kepala daerah otonom saja. Menurut saya tidak jalan, gubernur sebagai wakil pemerintah pusat," ucapnya.

Sumber: https://www.beritasatu.com/nasional/766823/prinsip-kewenangan-kepala-daerah-harus-diperbaiki


Dibaca 15 kali