Ganjar: Pak Jokowi Contoh Paling Bagus Kesuksesan Otonomi Daerah

okezone.com

Ganjar: Pak Jokowi Contoh Paling Bagus Kesuksesan Otonomi Daerah

Pada tahun ini penyelenggaraan otonomi daerah telah memasuki usia 25 tahun. Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengatakan bahwa adanya otonomi daerah memberikan ruang untuk daerah melakukan inovasi dan kreasi,

Menurutnya hal ini adalah kesuksesan dari adanya otonomi daerah. Dimana di saat bersamaan memunculkan pejabat-pejabat publik yang bagus-bagus.

“Nah ketika otonomi daerah diberikan dan kemudian daerah itu bisa berlomba-lomba melakukan inovasi, melakukan kreasi. Saya kira ini bentuk kesuksesan juga. Dan memunculkan kemudian pejabat-pejabat publik yang bagus,” katanya dalam Diskusi Pakar II: Desentralisasi Administratif, Rabu (28/4/2021).

Dia mengatakan salah satu contoh kesuksesan otonomi daerah yang menghasilkan pejabat publik yang bagus adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Contoh paling bagus kan Pak Jokowi ya. Walikota jadi gubernur, jadi presiden. Itu adalah contoh political career menurut saya yang bagus. Menurut saya ya,” ungkapnya.

Hal inilah yang kemudian membuka peluang bagi para pemimpin lokal bisa ke arena nasional. Meskipun hal ini tidak bisa dilepaskan dengan kepentingan politik masing-masing.

“Dan dari situlah kemudian sekarang pemimpin-pemimpin lokal siapapun bisa. Ya meskipun ada yang dipersiapkan dengan baik. Ada yang instan juga. Itu tidak bisa kita pungkiri. Ada yang suka karena apa namanya sesuatu yang melekat pada dia. Tapi ada juga yang suka pikirannya. Mungkin juga ada yang suka duitnya. Jadi macam-macam saja. Jadi itulah konsekuensi yang ada,” pungkasnya.

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2021/04/28/337/2402189/ganjar-pak-jokowi-contoh-paling-bagus-kesuksesan-otonomi-daerah


Dibaca 20 kali